Tuesday, May 18, 2010



Kualitas Persahabatan Yang Sehat

Alkitab mengatakan bahwa pergaulan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik. Ini merupakan tantangan bagi Anda untuk membangun hubungan yang sehat dan berkualitas dengan para sahabat Anda. Tetapi bagaimana mengukur kualitas persahabatan Anda, berikut ini adalah ciri hubungan persahabatan yang sehat :

1. Kesetiaan. Ini merupakan kualitas utama dalam persahabatan yang sehat. Setiap orang pasti akan membuat kesalahan pada suatu waktu dan mengalami pasang surut dalam kehidupan ini. Anda membutuhkan sahabat yang tetap mengasihi dan mendampingi Anda dalam keadaan apa pun. Hargailah kesetiaan sahabat-sahabat Anda.

2. Penuh Hormat. Perlakukan orang lain secara baik dan hormat agar Anda pun diperlakukan dengan cara yang sama. Anda tentu tahu, tidak enak rasanya diabaikan, dihakimi, dimanipulasi, direndahkan, atau diperlakukan secara kasar dan tidak layak.

3. Kasih tanpa syarat. Seorang sahabat sejati bersedia membantu Anda dengan tulus tanpa imbalan apa pun.

4. Dapat dipercaya. Seorang sahabat yang baik seharusnya dapat dipercaya dan mampu menyimpan rahasia. Jika Anda ingin menyampaikan sesuatu yang bersifat rahasia kepada sahabat, pastikan dulu bahwa ia memang dapat dipercaya.

5. Peduli. Sikap egois yang hanya memikirkan diri sendiri tidak memiliki tempat dalam persahabatan yang sehat. Tunjukkan kepedulian Anda terhadap orang lain agar ia merasa dihargai dan berarti.

6. Dapat diandalkan. Sahabat adalah orang yang dapat diandalkan ketika orang lain sepertinya tidak dapat diharapkan. Ketika seorang sahabat berjanji akan datang menghibur Anda yang sedang patah hati, maka ia akan benar-benar mengetuk pintu rumah Anda seperti yang telah dijanjikannya. Ia akan selalu ada untuk memberikan dukungan moral, bahkan materi, jika Anda membutuhkannya.

Sahabat sejati diperoleh ketika Anda menjadi sahabat sejati bagi orang lain. Persahabatan yang sehat dan berkualitas akan menentukan pencapaian kehidupan Anda.


Source : mediaindonesia.com/dan

www.jawaban.com

No comments:

Post a Comment